Kasus Pencemaran Nama Baik, Vicky Prasetyo Didakwa dengan Pasal Berlapis

Kasus Pencemaran Nama Baik, Vicky Prasetyo Didakwa dengan Pasal Berlapis

Kasus pencemaran nama baik, yang dilakukan oleh Vicky Prasetyo terhadap Angel Lelga dua tahun lalu kini telah bergulir di persidangan.

Dalam sidang perdananya, Vicky Prasetyo didakwa dengan pasal berlapis. Dakwaan itu dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (22/7/2020).

Sebelum menjelaskan pasal-pasal yang menjerat Vicky Prasetyo, JPU sempat menjabarkan kronologi kasus tersebut. Dibenarkan oleh Vicky Prasetyo memang datang ke rumah Angel Lelga pada November 2018.

“Vicky Prasetyo bin Hermanto, Senin 19 November 2018 setidaknya pada November 2018 bertempat di rumah saksi Angel Lelga di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berwenang memeriksa perkara ini,” beber JPU dalam persidangan.

Ditegaskan oleh JPU, ketika itu Vicky Prasetyo juga secara sengaja mengajak beberapa media massa elektronik dan untuk meliput kejadian saat itu. Hal itu dianggap mempublikasikan penghinaan dan pencemaran nama baik.

“Terdakwa secara sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau dapat diaksesnya dokumentasi elektronik yang bermuatan penghinaan atau pencemaran nama baik,” sambung JPU.

Lebih lanjut, atas kejadian tersebut Vicky didakwa dalam pasal UU ITE serta tindak pidana. Dakwaan tersebut juga turut dibacakan di dalam persidangan.

“Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 36 juncto Pasal 27 ayat (3) UU ITE,” ujar JPU.

“Atau kedua, perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 311 ayat (1) KUHP. Atau ketiga, perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 335 ayat (1) KUHP,” lanjutnya lagi.

Diketahui, atas kasus ini Vicky Prasetyo pun sedang menjalani masa hukumannya di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Vicky Prasetyo mulai mendekam di rutan sejak 7 Juli 2020.

 

Vicky Prasetyo Didakwa Pasal Berlapis

Bagikan ke media sosial :